Skip to main content

Tujuan Peringatan Maulid Nabi

Tujuan Peringatan Maulid Nabi
Salah satu tujuan diadakannya peringatan maulid nabi adalah mengingat kelahiran, keistimewaan, mukjizat, sirah, dan mengetahui akhlak Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kita pun diperintahkan untuk melakukan hal-hal tadi dalam rangka menjadikan  meneladani beliau. Karena Allah Ta’ala berfirman,
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآَخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS. Al Ahzab: 21).
Dalam mengomentari tujuan ini, Muhammad Abduh melalui webnya rumasyo.com mengatakan:
Inilah di antara syubhat yang dilontarkan oleh sebagian orang. Dan syubhat (kerancuan) dalam perayaan maulid ini diambil oleh ulama yang Pro Maulid semacam Muhammad bin ‘Alwi Al Maliki dalam kitab beliau Adz Dzakho-ir Al Muhammadiyyah hal. 269. Apakah alasan di atas dapat melegalkan peringatan maulid?
Selanjutnya ia memberikan lima bantahan untuk alasan di atas sebagai berikut:
Pertama: Nabi tidaklah pernah memerintahkan umatnya untuk memperingati maaulid dan tidak pernah memerintahkan mengingat kelahiran, karakter istimewa, mukjizat, sirah dan akhlak mulia Nabi secara khusus melalui peringatan maulid. Bahkan hal ini merupakan bid’ah yang diada-adakan sepeninggal beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Tanggapan:
1. Yang mengatakan Nabi memerintahkan umatnya untuk mengingat kelahiran, karakter istimewa, mukjizat, sirah dan akhlak mulia Nabi secara khusus melalui peringatan maulid itu siapa?
Kami tidak pernah mengatakan hal itu. Kami mengatakan Salah satu tujuan diadakannya peringatan maulid nabi adalah mengingat kelahiran, keistimewaan, mukjizat, sirah, dan mengetahui akhlak Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Pertanyaan saya, apakah Nabi pernah melarang umatnya untuk mengingat semua itu?
2. Percumah anda berkata seperti itu jika kenyataannya anda masih melegalkan amalan yang tidak pernah dilakukan oleh nabi seperti pemberian tanda baca dalam al-quran.
Kedua:
Mengenal kelahiran, karakteristik, mukjizat, sirah serta akhlak mulia beliau bukan hanya ketika maulid saja. Mengenal beliau dan hal-hal tadi bukan hanya pada waktu tertentu dan dalam kumpulan tertentu, akan tetapi setiap saat, sepanjang waktu. Tidak seperti orang-orang yang pro maulid yang memperingatinya hanya ketika malam maulid, malam-malam yang lain tidak demikian. Salah satu tujuan diadakannya peringatan maulid nabi adalah mengingat kelahiran, keistimewaan, mukjizat, sirah, dan mengetahui akhlak Rasul.
Tanggapan:
Tanggapan saya seperti tanggapan pertama pada point ke satu.
Ketiga:
Meneladani Rasul adalah dengan ittiba’ (mengikuti ajaran) beliau dan berpegang dengan sunnah beliau serta mendahulukan petunjuk beliau dari yang lainnya.
Tanggapan:
Apa masalahnya dengan peringatan maulid Nabi. Bukankah peringatan maulid nabi adalah hasil ijtihad? Dan ijtihad adalah merupakan perintah Nabi.
Keempat:
Memperingati maulid bukanlah ajaran Nabi, bukan pula amalan para sahabat yang mulia, bukan pula amalan tabi’in, dan bukan pula amalan para imam yang mendapat petunjuk setelah mereka.
Tanggapan:
Memperingati usbu’ Muhammad Bin Abdul Wahhab dan Peringatan kepergian Bin Baz juga bukan ajaran Nabi, bukan pula amalan para sahabat yang mulia, bukan pula amalan tabi’in, dan bukan pula amalan para imam yang mendapat petunjuk setelah mereka.
Namun wahhabi saudi tetap nekat mengerjakan dua amalan bidah itu. Silahkan lihat videonya  https://www.youtube.com/watch?v=mZx24yKr9QM
Kelima:
Meneladani dan mengikuti Rasul dalam beramal dan dalam keadaan berniat yang benar, haruslah dengan mengikuti ajaran beliau dan para sahabatnya. Begitu pula  ia memperingatkan dari setiap bid’ah, di antaranya adalah bid’ah maulid.
Tanggapan:
Dalam acara peringatan maulid nabi, kami melakukan berbagai amalan yang dijarakan oleh Nabi seperti mendengarkan bacaan quran, sholawat, pengajian, sedekah dan lain-lain. Apa anda pikir semua amalan itu bukan teladan Rosul?
Setahu saya, Nabi tidak pernah menyebut peringatan maulid nabi sebagai amalan yang bidah. Mengapa anda berkata ia memperingatkan dari setiap bid’ah, di antaranya adalah bid’ah maulid?
Kesimpulan:
1. Memang Nabi, sahabat dan ulama salaf tidak pernah melakukan peringatan maulid nabi seperti yang kami lakukan. Namun mereka memperingati maulid nabi dengan cara berpuasa pada hari senin sebagaimana yang saya jelaskan dalam artikel Dalil Shohih Peringatan Maulid Nabi.

2. Peringatan maulid nabi adalah merupakan hasil ijtihad dan ijtihad adalah bagian dari perintah Alloh dan Rosul-Nya. Apakah anda akan melarang ijtihad? 
3. Saya rasa tujuan peringatan maulid nabi ini bukanlah syubhat sebagaimana yang dikatakan oleh Muhammad Abduh. Kalo mengingat hari kelahiran Nabi disebut sebagai syubhat, maka silahkan pak Muhammad Abduh menghapus ingatannya bahwa hari senin adalah hari kelahiran nabi. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nabi Muhammad Mempersaudarakan Muhajir dan Anshor

Persaudaraan  Muhajir dan Anshor Madinah yang saat itu bernama Yatsrib merupakan fase  baru  dalam hidup Nabi Muhammad . Di sini dimulainya suatu fase politik yang telah diperlihatkan oleh Muhammad dengan segala kecakapan, kemampuan dan pengalamannya, yang akan membuat orang jadi termangu, lalu menundukkan  kepala  sebagai  tanda  hormat  dan  rasa  kagum. Tujuannya yang pokok akan mencapai Yathrib - tanah airnya yang baru - ialah meletakkan dasar kesatuan politik dan organisasi, yang  sebelum  itu  di  seluruh  wilayah  Hijaz belum dikenal; sungguhpun jauh sebelumnya di Yaman memang sudah pernah ada. Sekarang Nabi Muhammad bermusyawarah dengan kedua wazirnya  Abu  Bakr dan  Umar  -  demikianlah  mereka dinamakan. Dengan sendirinya yang menjadi pokok pikirannya yang  mula-mula  ialah  menyusun barisan  kaum Muslimin serta mempererat persatuan mereka, guna menghilangkan segala  bayangan  yang  akan  membangkitkan  api permusuhan  lama di kalangan mereka itu. Strategi Nab

Melaksanakan Sholat Jum'at Di Jalan Raya, Bagaimana hukumnya?

Persoalan Melaksanakan Sholat Jum'at Di Jalan Raya, saat ini banyak dibicarakan di medsos. Mereka mencoba menjawab pertanyaan Bagaimana hukumnya? Ilustrasi Jawaban Tidak ada yang mensyaratkan sholat jum'at harus di dalam masjid selain madzhab Maliki. Madzhab Syafii yang diikuti oleh mayoritas warga Indonesia, tidak melarang sholat jum'at di luar masjid. Itu artinya, sholat jum'at di jalan raya tetap sah. Berikut ta'bir dalam kitab-kitab madzhab syafii: قال في حاشية الشرواني على تحفة المنهج قول المتن في خطة أبنية...... الخ اي وان لم تكن في مسجد. اھ وقال في مغني المحتاج على المنهاج ص ٤١٧ جز اول في قول المتن( أن تقام في خطة أبنية أوطان المجمّعين) اي وان لم تكن في مسجد. اھ وقال في شرح المحلي على المنهاج ص ٢٧٢ جز اول   في قول المتن ( أن تقام في خطّة أبنية أوطان المجمّعين) لأنها لم تقم في عصر النّبيّ صلى اللّه عليه وسلّم والخلفاء الراشدين إلاّ في مواضع الإقامة كما هو معلوم وهي ما ذكر سواء فيه المسجد والدّار والفضاء ..اھ قال

Tafsir Surat An-Nisa : 47 Tentang Hari Sabtu

Tafsir Surat An-Nisa : 47 Tentang Hari Sabtu , - Dalam al-quran, diahir surat anisa’ ayat 47 terdapat kalimat (yang artinya) “atau kami laknat mereka sebagaimana kami melaknat orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari sabtu...” Di sana terdapat kalimat hari sabtu dan tentunya ini melahirkan pertanyaan tentang hari sabtu dan itulah yang ditanyakan oleh member grup Fiqih Madzhab Syafi’i yang saya dirikan di facebook. Berikut pertanyaan tentang Tafsir Surat An-Nisa Ayat 47 Tentang Hari Sabtu. Alam Poetra Losariez السلا م عليكم .... Mohon penjelasan para alim,ustadz,ustadzah . Dalam surat an_nisa ayat 47 (d terakhir surat )yangg ber bunyi : ٠٠٠٠اونلعنهم كما لعنا اصحب السبت وكان امرالله مفعولا(٤٧) “... ataw kami laknat mereka sebagaimana kami melaknat orang-orang(yang berbuat maksiat) pada hari sabat(sabtu).dan ketetapan bagi allah pasti berlaku(Q,S an_nisa ayat 47) Pertanyaannya ... : ada apa dengan hari sabtu ? apakah hari sabtu hari yang d istimewakan a